Pentingnya Air Bersih Untuk Kehidupan Sehari Hari

Air sudah menjadi kebutuhan mendasar setiap manusia, mulai dari untuk dikonsumsi, mencuci, menyiram tanaman dan lain sebagainya. Akan tetapi air yang dikonsumsi harus memiliki kualitas yang lebih baik lagi, maka dari itu perlu adanya saringan filter air agar kandungan yang terdapat dalam air menjadi lebih bersih lagi sehingga dapat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia.


Selain itu air tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan manusia akan tetapi seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini seperti binatang, tumbuhan dan lain sebagainya. Maka dari itu selain bermanfaat untuk manusia air juga sangat bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Lalu kira kira apa saja manfaat air bagi kehidupan sehari hari?

1.     Memenuhi Kebutuhan Cairan

Manusia terdiri dari 70-80% air karena banyak sekali organ tubuh manusia yang membutuhkan air agar tetap bekerja dengan baik. Maka dari itu manusia sebagai makhluk hidup membutuhkan air demi melangsungkan kehidupan. Air yang dibutuhkan tiap orang pun berbeda beda berada di sekitar 2-5 liter per harinya.

2.     Kebutuhan Rumah Tangga

Pekerjaan rumah tangga diantaranya adalah mencuci baju, mencuci piring, menyiram tanaman, nyapu, ngepel, dan lain sebagainya. Hampir semua kegiatan tersebut membutuhkan air bersih agar kita terhidar dari penyakit. Apabila air yang kita gunakan adalah air kotor hal tersebut dapat berakibat fatal bagi kesehatan manusia.

3.     Menjaga Kelestarian Lingkungan

Tiap orang memiliki lingkungan rumah yang berbeda-beda tergantung dimana di bertempat tinggal. Akan tetapi dimanapun kita tinggal kita tetap membutuhkan tanaman di sekitar kita agar lingkungan kita terasa asri dan sehat. Air yang bersih dapat kita gunakan untuk menyiram tanaman agar tanaman tersebut tumbuh di sekitar kita.

4.     Sebagai Media Pembersih

Salah satu faktor terpenting air juga sebagai media pembersih, apabila air yang kita gunakan untuk membersihkan barang yang kita pakai sehari hari seperti pakaian, dan perabotan rumah tangga tidak bersih hal tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit dari penyakit kulit hingga pencernaan. Begitu pula untuk membersihkan badan. Untuk orang yang memiliki kulit yang sensitif kualitas air yang kurang baik akan berakibat buruk bagi orang tersebut

Tentunya manfaat air bagi kehidupan kita sehari hari sangatlah banyak. Jagalah sumber air seperti sumur apabila anda menggunakannya tetap bersih. Karena apabila sumber air tersebut tercemar, otomatis air yang anda gunakan juga ikut tercemar. Sediakanlah pengangkut air yang menggunakan besi polos yang berbahan stainless steel agar tidak mudah karatan dan mudah untuk dibersihkan.

Post a Comment for "Pentingnya Air Bersih Untuk Kehidupan Sehari Hari"